RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP | : | SMP PGRI 2 MARGA SEKAMPUNG |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi |
Indikator | : | · Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang · Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan (2 x 40 menit) |
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
- mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang telekomunikasi dengan tepat
- mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang teknologi informasi
- mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang elektronika
Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
- menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
- menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
- menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika
B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang teknologi informasi
c. Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
· Memberika motivasi pentingnya meuasai TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
· Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
· Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
· Mengerjakan lembar kerja.
3. Kegiatan Penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang peralatan teknologi informasi dan komunikasi
· Memberika motivasi pentingnya meuasai TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
· Menjelaskan fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
· Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
· Mengerjakan lembar kerja.
3. Kegiatan Penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.
F. Penilaian
1.Tehnik
Observasi, Tes Tertulis
2.Bentuk Instrumen
Lembar Observasi, Tes Uraian
3.Soal/Instrumen
1.Diantara gambar berikut manakah yang termasuk peralatan teknologi informasi
dan komunikasi dan apa nama alat tersebut?
2.Kelompokan peralatan tersebut sesuai dengan bidangnya!
3.Jelaskan fungsi peralatan tersebut sesuai dengan penggunaannya!
4.Diantara gambar-gambar berikut ini tunjukanlah peralatan TIK yang dapat
berhubungan dengan komputer
Lembar Observasi
No | Aspek yang dinilai | Skala kwantitatif | Nilai = | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | Jsp/jsm x 100 | |||
1 | Menunjukan alat input | √ | |||||
2 | Menunjukan alat pemerosesan data | √ | |||||
3 | Menunjukan alat output | √ | |||||
4 | Menunjukan alat trasfer data | √ | |||||
Jumlah | 8 | 3 | 2 | - |
Nilai = Jumlah Skor Perolehan .......... x 100 = 13 x 100 = 81,25
Jml Skor maksimal 16 16
Keterangan:
Berikan tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
4 jika selalu muncul
3 jika sering muncul
2 jika kadang-kadang muncul
1 jika tidak pernah muncul
Gunung Mas, 12 Juli 2010
Mengetahui:
Kepala SMP PGRI 2 M.S. Guru Mata Pelajaran TIK
NGATMIN, A.Ma.Pd. JOTO SAFRUDIANTO, S.Pd.
NIP. - NIP. -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar