RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah | : | SDN. 2 Gunung Mas |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/ Semester | : | VI (Enam) / 1 (Satu) |
Standar kompetensi | : | 1. Mempraktikkan berbagai gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya. |
Kompetensi Dasar | : | 1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran-kejujuran. |
Indikator | : | Melakukan: - Melambungkan bola, - Melempar bola - Menangkap bola, - Berlari Dengan kontrol dan koordinasi yang baik. Bermain kasti dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi. |
Alokasi Waktu | : | 8 x 35 menit (4 x Pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan:
- Melambungkan bola,
- Melempar bola,
- Menangkap bola,
- Berlari.
b. Siswa dapat bermain kasti dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi.
B. Materi Pembelajaran
a. Permainan Kasti
- Melambungkan bola,
- Melempar bola,
- Menangkap bola,
- Berlari.
Dengan kontrol dan koordinasi yang baik.
b. Bermain kasti dengan peraturan yang sederhana/dimodofikasi
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya Jawab
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan melambungkan bola ke berbagai arah.
- Melambungkan gerakan melempar bola ke berbagai arah.
- Mengembangkan prinsip kerjasama dalam tim atau regu.
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar.
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah
- Melakukan gerakan memukul onbjek yang dilambungkan/dilempar dari berbagai arah dan jarak.
- Mengembangkan prinsip kerjasama dalam tim atau regu.
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar.
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Berlari dengan berbagai arah dan kecepatan.
- Mengembangkan prinsip kerjasama dalam tim atau regu
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar.
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan melambungkan bola ke berbagai arah.
- Melakukan gerakan melempar bola ke berbagai arah
- Melakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah.
- Melakukan gerakan memukul objek yang dilambungkan/dilempar dari berbagai arah dan jarak.
- Berlari dengan berbagai arah dan kecepatan.
- Mengembangkan prinsip kerjasama dalam tim atau regu.
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Buku Penjasorkes SD
- Buku Referensi bermain kasti
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
* Tes Unjuk Kerja (psikomotor)
Melakukan gerakan:
- Melambungkan bola
- Melempar bola
- Menangkap bola
- Memukul
- Berlari
Dengan kontrol dan koordinasi yang baik
Bermain kasti dengan peraturan yang sederhana atau dimodofikasi.
2. Rubrik penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN KASTI
Aspek Yang Dinilai | Kualitas Gerak | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Melambungkan bola 2. Melempar bola 3. Menangkap bola 4. Memukul 5. Berlari Dengan kontrol dan koordinasi yang baik Bermain kasti dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi. | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : |
Mengetahui, Kepala Sekolah TWI HARTATIK, S.Pd. NIP. 1966 0827 1989 11 2001 | Guru Penjaskes JOTO SAFRUDIANTO, S.Pd. NIP. - |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar