RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah | : | SDN. 2 Gunung Mas |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/ Semester | : | V (Lima)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Mempratikkan gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya |
Kompetensi Dasar | : | 1.1 Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola terkecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**) |
Indikator | : | Melakukan gerakan : - Melambungkan bola - Melempar bola - Menangkap bola - Berlari Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu dan berpasangan Bermain kasti dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi |
Alokasi Waktu | : | 8 x 35 Menit (4 x Pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan :
- Melambungkan bola
- Melempar bola
- Menangkap bola
- Berlari
b. Siswa dapat bermain kasti dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi
B. Materi Pembelajaran
a. Permainan kasti
- Melambungkan bola
- Melempar bola
- Menangkap bola
- Berlari
b. Bermain kasti dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demontrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya Jawab
D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi
Inti
- Memberikan motaivasi dan menjelaskan tujuan pembelakaran
- Melambungkan bola menggunakan tangan kanan dan kiri
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, beroda dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melambungkan bola menggunakan tangan kanan dan kiri secara berpasangan dan kelompok
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memukul bola
- Berlari
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melambungkan bola menggunakan tangan kanan dan kiri secara berpasangan dan kelompok
- Memukul bola
- Berlari
- Bermain kasti
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku Penjaskes SD
- Buku referensi bermain kasti
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
- Tes kerja (psikomotor)
Gerakan :
- Melambungkan bola
- Melempar bola
- Menangkap bola
- Berlari
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu dan berpasangan
2. Rubrik penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA POLA GERAK NON LOKOMOTOR
Aspek yang Dinilai | Kualitas Gerak | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Melambungkan bola 2.Melempar bola 3. Menangkap bola 4. Memukul 5. Berlari 6. Bermain kasti | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala Sekolah TWI HARTATIK, S.Pd. NIP. 1966 0827 1989 11 2001 | Guru Penjaskes JOTO SAFRUDIANTO, S.Pd. NIP. - |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar