RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah | : | SDN. 2 Gunung Mas |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/ Semester | : | 1 (Satu) / 1 (Satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Mempraktekkan Gerak Dasar Kedalam Permainan Sederhana / Aktivitas Jasmani Dan Nilai Yang Terkandung Didalamnya |
Kompetensi Dasar | 1.1. Mempraktekkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran. | |
Indikator | Melakukan gerakan: - Berjalan ke depan - Berjalan ke samping kanan dan kiri - Jalan kemudian mundur - Jalan di tempat - Jalan Langkah Panjang - Lari di tempat - Lari ke depan - Lari berbagai arah - Lari ujung kaki - Loncat tanpa awalan - Loncat dengan awalan - Loncat melalui rintangan - Meraih sasaran benda di atasnya - Berlari dilanjutkan dengan lompat | |
Alokasi Waktu | 9 x 35 menit (3 x Pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan:
- Berjalan ke depan
- Berjalan ke samping kanan dan kiri
- Jalan kemudian mundur
- Jalan di tempat
- Jalan Langkah Panjang
- Lari di tempat
- Lari ke depan
- Lari berbagai arah
- Lari ujung kaki
- Loncat tanpa awalan
- Loncat dengan awalan
- Loncat melalui rintangan
- Meraih sasaran benda di atasnya
- Berlari dilanjutkan dengan lompat
B. Materi Pembelajaran
a. Melakukan konsep arah gerak dasar lokomotor
- Berjalan dengan berbagai langkah, arah dan kecepatan.
- Berlari ke berbagai arah dalam kecepatan yang berbeda.
- Melakukan gerak meloncat dan melompat
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya Jawab
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan berjalan ke depan
- Melakukan gerakan berjalan ke samping kanan
- Melakukan gerakan berjalan ke samping kiri
- Melakukan gerakan berjalan ke depan kemudian mundur
- Melakukan gerakan berjalan di tempat
- Melakukan gerakan berjalan langkah panjang
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
- Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan lari di tempat
- Melakukan gerakan lari ke depan
- Melakukan gerakan lari ke berbagai arah
- Melakukan gerakan lari dengan menggunakan ujung kaki
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
- Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan loncat tanpa awalan
- Melakukan gerakan loncat dengan awalan
- Melakukan gerakan loncat dengan melalui rintangan
- Melakukan gerakan meraih sasaran benda di atasnya
- Melakukan gerakan berlari dilanjutkan dengan lompat
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Buku Penjasorkes SD
- Buku Referensi dasar atletik
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
- Tes unjuk kerja (Psikomotor);
Gerakan
- Berjalan ke depan
- Berjalan ke samping kanan dan kiri
- Jalan kemudian mundur
- Jalan di tempat
- Jalan Langkah Panjang
- Lari di tempat
- Lari ke depan
- Lari berbagai arah
- Lari ujung kaki
- Loncat tanpa awalan
- Loncat dengan awalan
- Loncat melalui rintangan
- Meraih sasaran benda di atasnya
- Berlari dilanjutkan dengan lompat
Mengetahui, Kepala Sekolah TWI HARTATIK, S.Pd. NIP. 1966 0827 1989 11 2001 | Guru Penjaskes JOTO SAFRUDIANTO, S.Pd. NIP. - |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar