RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN. 2 Gunung Mas
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : II (Dua)/I (Satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
Indikator : Melakukan gerakan
- Berjalan cepat bolak balik
- Berjalan cepat ke depan dan ke belakang.
- Melompat tanpa awalan
- Melompat melalui rintangan
- Mengkombinasikan gerakan jalan, lari kemudian melompat
- Meloncat tanpa awalan
- Meloncat dengan awalan
(tolakan satu kaki dan mendarat dua kaki)
- Mengkombinasikan gerakan berjalan, berlari, kemudian meloncat.
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2 kali pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Berjalan cepat bolak balik.
- Berjalan cepat ke depan dan ke belakang.
- Melompat tanpa awalan
- Melompat melalui rintangan
- Mengkombinasikan gerakan jalan, lari kemudian melompat
- Meloncat tanpa awalan
- Meloncat dengan awalan
(tolakan satu kaki dan mendarat dua kaki)ss
- Mengkombinasikan gerakan berjalan, berlari kemudian meloncat.
B. Materi Pembelajaran
a. Melakukan pola gerak lokomotor.
- Melakukan variasi gerak jalan, lari, lompat dan loncat ke berbagai arah.
- Berjalan dan berlari merubah arah dengan syarat.
- Mengkombinasikan gerak jalan, lari, lompat dan loncat.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab.
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan berjalan cepat bolak – balik.
- Melakukan gerakan berjalan cepat ke depan dan ke belakang.
- Melakukan gerakan melompat tanpa awalan.
- Melakukan gerakan melompat melalui rintangan.
- Melakukan gerakan mengkombinasikan gerakan jalan, lari kemusia melompat.
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
2 Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan.
Inti
- Melakukan gerakan meloncat tanpa awalan.
- Melakukan gerakan meloncat dengan awalan (tolakan satu kaki mendarat dua kaki)
- Melakukan gerakan mengkombinasikan gerakan berjalan, berlari kemudian meloncat.
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Buku Penjasorkes SD
- Buku Referensi dasar atletik.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
- Tes unjuk kerja (Psikomotor)
Gerakan :
- Berjalan cepat bolak – balik
- Berjalan cepat ke depan dan ke belakang.
- Melompat tantpa awalan.Melompat melalui rintangan.
- Mengkombinasikan gerakan jalan, lari kemudia melompat.
- Meloncat tanpa awalan
- Meloncat dengan awalan
(tolakan satu kaki dan mendarat dua kaki).
- Mengkombinasikan gerakan berjalan, berlari kemudian meloncat
Mengetahui, Kepala Sekolah TWI HARTATIK, S.Pd. NIP. 1966 0827 1989 11 2001 | Guru Penjaskes JOTO SAFRUDIANTO, S.Pd. NIP. - |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar